katanya USA* itu rame…

Ceritanya kemaren salah satu sobat, yang udah kayak sodara sendiri dateng, ga ada angin ga ada ujan, tapi ada sebab kenapa ia harus melanglang buana ke kota gudeng ini… Nama panggilannya ‘Na’ [sebenarnya panggilan di genk kami bukan itu, tp kayaknya lebih simpel pake ‘Na’ aja…]

Kayak mimpi aja, ada Na di kamar, biasanya kan sekamar cuma sendiri, udah gitu penghuni asrama kami punya sedikit kesamaan ‘betah banget di kamar, klo udah ‘terjebak’ masuk kamar‘ jadi ya ga sering ngumpul klo emang ga ada kerjaan…

Namanya juga udah lama ga ketemu, hal yang pertama dilakukan adalah tukar cerita… nostalgilagia, cerita tentang mimpi dan rencana esok pasca berstatus mahasiswa S1 dan lain- lain… Dan seperti biasa klo kami udah ngumpul biasanya rame banget. [padahal cuma berdua, apalagi klo tim kami lengkap bertujuh…].

Reuni ‘emge‘ kemaren Na ga dateng karena masih acara mudik… jadi ya bener- bener tanya kabar- kabar terbaru, eee selama cerita ada beberapa hal yang kami simpulkan tentang cara komunikasi USA [baca: Urang Sunda Asli…]

Pertama, kata orang orang sunda itu ramah- ramah. Ehm… ya selain cara bicara nya bernada ato agak sedikit mendayu- dayu, jadi meskipun marah ato teriak2 dengan basa indonesia namun logat sunda, kadang ga kelihatan klo lagi marah… Apa iya?? Pas awal- awal di Djogja dan gaya bicara masih hampir 99% nyunda… dikira terlalu lembut dan centil dll… tapi sungguh insyaAllah gaya bicara kami memang bernada dan memiliki logatnya sendiri… klo dalam basa sunda… Kami punya ‘Lentong’‘ atau nada dalam bicara…

Kedua, orang sunda itu suka bikin candaan dari kata- kata [meskipun mungkin di daerah lain juga punya kebiasaan sama… tapi tetep aja ngerasa beda, btw beda? ato narsis? terserahlah…], pernah denger istilah CBCK? singkatan dari cek- cek bocek yang artinya mirip dengan ngobrol ngalor ngidul ga jelas arahnya, melebar kemana2… klo balakaceprut? yang itu artinya kata- kata becandaan… ato ada yang tau ato pernah baca “one teacher, one knowledge, dont disturb” artinya dalam basa sunda “saguru saelmu ulah ngaganggu” ato dalam basa indonesia “seguru seilmu jangan saling ganggu” aya- aya wae…

Jadi jangan kaget lagi klo ketemu orang sunda yang rame, mungkin si penulis juga bisa jadi termasuk salah satu dari yang tertulis di atas… He..he.. Ya itulah, yang ditulis cuma dua aja, lagian sebenarnya ga penting juga, cuma sekedar memancing jari untuk mengetik… Hatur nuhun udah bersedia mbaca…

*USA : Urang Sunda Asli

Iklan

8 thoughts on “katanya USA* itu rame…

  1. tak kira USA beneran (alias amerika)

    yah, abdi sebagai orang sunda asli sepakat koQ!!

    hidup sundanesse…

    eh, singgah atuh ka kuningan klo ada waktu…

  2. Saya dua kali kenal sama Sundanese (baca: orang Sunda), dan emang yang paling kentel ya logatnya itu, kalo ramenya sih tergantung orangnya. Gaya bicara yang mendayu dan meliuk-liuk emang memberikan kesan genit. Plus raut muka yang (biasanya) putih bersih, pasti jadi daya tarik tersendiri. Ciee jangan GR dulu, ini malah bisa jadi cobaan lho bagi para Sundanese hehe
    Allahu a’lam

  3. emang dahsyat, klo dianalogikan dengan jawa, logatnya itu kayak kromo halus wao percakapan sehari-hari, ituyang indah dari bandung…ah bandung…..

  4. SubhanaLLah ternyata yang comment disini cukup banyak juga, jazakaLLah udah mw mampir… ada tamu baru, kang panji, kang alex sama ummu syifa…
    “Wilujeng Sumping”

    ~Panji…………. antum orang Kuningan ya? Kuningan sebelah mana? wah saya mah setiap lebaran ato liburan agak lama insyaAllah mampir ke kuningan, soale bp saya aseli dari sana “Kadugede, desa di kaki gunung Cermei… nan sejuk”, Kuningannya sebelah mana ji?

    ~Kang Alex………….. salam kenal, iya seneng banget ketemu sobat lama… ketemu teman seperjuangan…

    ~Ummu Syifa……….. iya betul itu khas orang sunda ummu, ga bisa dihilangkan… hmm, smoga kami bisa meluruskan niat selalu ya ummu, anugrah pun ujian bukan? ya, insyaAllah nanti akan lebih banyak kenal orang sunda lebih ngerti aslinya…

    ~dearsany……….iya, alhamduliLLah, dahsyat kah?hmm…. Masih terobsesi dengan jawa barat, sunda dan bandung? ya begitulah kami USA….

  5. Insy saya orang Kuningan asli.. lahir disana, tapi dibesarkan di Jakarta..

    Bapak saya dari desa Kalapagunung
    Ibu saya dari desa Maleber

    Insy saya setiap lebaran juga pulang kampung…
    Yah, saya tunggu kunjungannya di Kuningan

  6. Hm., sejak pertama kali ketemu mah, c Irma udah Sunda banget..!!

    Yah, di UGM blon ku temukan forum mahasiswa asli Cirebon. Hiks.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s