Ketika Anak Pertama Masuk SD

Alhamdulillah wa syukurillah.. Masuk SD memang bukan sekedar menyiapkan anak belajar calistung. Tapi lebih dari itu…

Diawali dari pilihan si kk untuk sekolah di full day school. PR yang lebih besar bukan buat anaknya, tapi orang tua. Kebayang, harus bangun lebih pagi, memulai aktifitas lebih pagi minimal 1 jam dari biasanya. Kenapa? Karena jam masuk anak sekolah maju 1 jam dari biasanya.

Yup, kk masuk jam 6.45 dan pulang jam 14.00. Awal-awal agak khawatir,PR pertama “masuk tepat waktu”. Nah drama pun dimulai. Disinilah saatnya “ujian mata kuliah managemen waktu” seorang ibu.

Lalu, jam berapa si kk harus bangun? Agar minimal jam 6.25 si kk udah siap berangkat sekolah.

Drama pun dimulai…

Si emak dan abah harus bangun lebih pagi dari biasanya, karena sebelum sekolah ada beberapa kebiasaan yang sudah disepakati bersama. (Alasannya, agar si kk terbiasa dengan rutinitas sehari-sehari, terbiasa dengan harapan bukan terpaksa tapi suatu saat ia akan senang melakukan kebiasaannya). Apa aja rutinitas itu? Sholat, mandi, sarapan dan ‘mengenalkan kemandirian’. Wow berat! Ga seberat itu sih, kemandirian bisa hanya sekedar pake baju, milih dan kaos kaki sendiri, isi minum sendiri dll.

Karena dialog sama si kk itu, butuh ‘alasan yang bisa masuk logikanya’ maka emak dan abahnya harus senantiasa menyiapkannya termasuk menyiapkan segudang kesabaran biar ga kepancing emosi. (Nah ini yang berat!)

Hasilnya alhamdulillah sejak masuk sekolah di hari pertama, lebih banyak yang masuk tepat waktu daripada yang terlambat.

Baiklah, ka.. Setiap hari kita kerjasama lebih kece lagi. Smoga kk menikmati setiap proses belajar. Smoga jadi anak sholehah. Smoga sehat dan makin cerdas. Smoga selalu senang berbuat kebaikan ya ka..

Anak pertama, adalah guru terdekat bagi orang tua. Bukan cuma guru terdekat tapi guru yang tak pernah berhenti mengajar tanpa pamrih. Love u pilukkkk kk…

Iklan

2 thoughts on “Ketika Anak Pertama Masuk SD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s